RM.Torani-Balikpapan

Sabtu, 03 Juli 2010

Pelajaran Hikmah dari Sebuah Tim Sepakbola

"Bola itu Bundar...". Inilah adalah Petikan kalimat yang sering kita dengar di tengah-tengah lingkungan masyarakat kita, dan merupakan sebuah ungkapan tentang sepakbola yang sekarang ini ramai jadi hiburan masyarakat dunia mengingat saat ini dilaksanakannya Piala Dunia Sepakbola di Afrika Selatan.
Berbicara tentang mana yang akan menjadi juara piala dunia 2010 ini merupakan tanda tanya besar yang akan ditunggu jawabannya seusai perhelatan ini nanti.
Menurut Anda Siapa Yang Akan Jadi Juara?? (Kita tunggu hasilnya yach)..
Lantas Tim siapa yang akan jadi pemenang...??? Yaitu Tim yang Hebat....
Tim yang seperti apa??? Ya tim yang memiiki pemain dan pemain-pemain di tim itu tidak menunjukan
kehebatannya masing-masing. Skill Yang Hebat adalah pentinng untuk sebuah tim tapi yang terpenting pemain-pemainnya memiliki rasa dan keinginan kuat untuk menjadikan timnya Hebat.
Tim yang hebat seperti apa??? yaitu tim yang saat bermain memiliki kerjasama baik, tim yang pemainnya tidak haus pujian dari penonton, tidak ada pemain yang egois dan tim yang pemainnya memiliki mental tangguh dalam menjaga emosi dirinya.
Sebut saja negara Brazil, Agentina, Prancis, dan Inggris yang di favoritkan masyarakat sebagai salah satu tim yang akan menjadi juara di perhelatan piala dunia 2010....TERNYATA tim-tim ini harus gugur duluan...
Sebagian alasan masyarakat melihat bahwa tim dari negara ini memiliki pemain-pemain yang hebat dan masuk di klub-klub besar sepakbola.
Diatas kertas, harus diakui timm sepakbola negara-negara ini merupakan tim yang memiliki pemain berkualitas, dari skilll masing-masing pemainnya, dan mendapatkan pujian-pujian khusus dari masyarakat dunia karena kelihaiannya dalam bermain bola AKAN TETAPI, inilah sepakbola yang dimainkan oleh 11 orang pemain yakni bahwa hanya kerjasama yang baiklah yang dapat memenangkannya.
Banyak yang jadi penyebab tim-tim unggulan ini bisa gugur, kita lihat  berbagai kemungkinan penyebabnya :
* Pemain yang telah menjadi terkenal karena skilllnya, merasa bahwa dia harus bermain hebat di lapangan
* Pemain hebat tadi merasa harus lebih baik diantara rekan-rekannya di lapangan saat bermain sehingga
 terkesan egois.
* Rekan-rekannya di lapangan terlalu berharap pada rekannya yang telah menjadi terkenal untuk bisa memenangkan pertandingan.
* Kurangnya jiwa tim karena pemain yang terkenal tadi merasa bahwa kemenangan timnya karena dirinya yang telah terkenal/hebat
*Pelatih yang terkesan memiliki dan menunjukan perhatian lebih karena memiliki anak emasnya di tim tersebut sehingga pemain yang lain tidak merasa penting di mata pelatih
Yach mungkin itulah diatara penyebab dari berbagai sebab yang lain sehingga Timnya menjadi kalah oleh tim-tim yang bukan unggulan.
Bagaimana Dengan Sudut Pandang Anda??
Memiliki pemain hebat bukanlah jaminan sebagai pemenang, tapi tim yang hebat akan jadi pemenangnya.
Pelajaran yang dapat kita ambil dalam kehidupan sehari-hari tentang arti sebuah Tim Sejati baik dalam berumah tangga, dunia pekerjaan dan bergaul kita.
Kerjasama dan Tidak merasa yang Ter paling akan dapat menjadi hidup ini penuh bersahabat, damai dan Menjadi Pemenang
......Kita lanjutkan pembahasan ini pada bagian ke-dua. Karena eh karena saya gawe duu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar